Halaman

Me

Me
'tcaro'

Sabtu, 02 Maret 2013

10 Faktor Pendukung Kecerdasan Anak

Ketahui dan Kembangkan 10 Faktor Pendukung Kecerdasan Anak

Membentuk anak cerdas yang mempunyai otak berkualitas,tampaknya bukan hal yang sulit. Dalam hal ini, peran orangtua sangat diperlukan untu kmengoptimalkan kecerdasan buah hatinya. Perlu diketahui bahwa perkembangan otak anak tidak hanya tergantung pada faktor genetik, banyak hal lain yang lebih mendukung anak menjadi pintar.
Faktor – faktor pendukung kecerdasan anak itu dapat diasah dan dibentuk dari dalam diri anak atau dan hasil didikan orang tua.

FaKtor – FaKtor Pendukung Kecerdasan Anak, yaitu :

1. Motivasi
Orangtua harus dapat memotivasi atau memberi semangat kepada anak agar mereka mau belajar.Tanpa hal tersebut, anak akan menjadi pribadi mudah menyerah dan putus asa sehingga anak menjadi malas untuk belajar.

2. IQ (Intelectual Quotient)
Kemampuan seorang anak untuk belajar rnenggunakan kepintaran otak kiri dan kanannya dikenal dengan istilah IQ.Setiap anak mempunyal IQ yang berbeda tergantung dari latihan – latihan dan kemampuan otaknya untuk rnenyerap pelajaran yang masuk.


3. EQ (Emotional Quotient)
Selain mempunyai IQ anak juga mempunyai EQ. EQ adalah kernampuan seorang anak untuk nnenguasai dirinya dan dapat mengendalikan emosi sehingga memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain dan lingkungannya.

4. Kecerdasan visual
Kemampuan seorang anak untuk menuangkan apa yang ada dalam pikirannya ke dalam bentuk kreativitas, menggambar dan mewarnai

5. Faktor lingkungan
Ungkungan yang positif baik di rumah maupun di sekolah dapat memberikan pengaruh terhadap kepribadan dan perilaku anak untuk membantu mereka mengembangkan kecerdasannya.

6. Keserdasan berkomunikasi
Melatih anak berkomunikasi dengan baik dapat membuat anak belajar dan berani menuangkan pikiran serta gagasannya dalam bentuk kata – kata sehingga dapat melatih anak merniliki kepercayaan diri bicara di depan umum.Orang tua dapat memberikan contoh dengan berbicara yang baik dan sopan kepada anak.

7. Membaca
Memberikan anak buku – buku yang bermanfaat dapat menambah pengetahuan dan wawasannya dan juga melatih anak senang membaca.

8. Kemampuan bersosialisasi
Jangan melarang anak untuk bermain. Bergaul bersarna teman – temannya akan melatih kemampuan anak untuk berinteraksi dengan orang sehingga bisa mendukung keberhasilannya di masa depan

9. Kecerdasan perilaku
Mengajarkan anak untuk berperilaku yang baik dan sopan juga melatih anak untuk menghormati dan menghargai orang lain sehingga anak menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang – orang di sekitarnya.
10. Makanan bergizi
Gizi yang baik yang diberikan orangtua tentu akan mernbuat anak memiliki tubuh yang kuat, sehat, dan perkembangan otak yang sempurna sehingga anak menjadi lebih cerdas.


pustaka
Menu sehat dan kreatif untuk meningkatkan kecerdasan anak, oleh Ayu Bulan Febry K. D., SKM dan dr. Zulfito Marendra, Gagas Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Kritik, Masukan dan Saran Anda di Blog Herdiana KR